Pages

Sabtu, 27 April 2013

RANCANGAN RUANG KELAS UNNES

Mungkin dibeberapa Universitas di Indonesia rata-rata menggunakan ruang kelas yang tidak jauh berbeda dengan ruang kelas pada Sekolah pada umumnya tapi jika di buat lebih nyaman maka kita sebagai mahasiswa juga akan lebih fokus dengan bahan ajaran yang sedang di berikan oleh dosen. Ruang kelas yang seperti ini banyak sekali kelemahannya. Yakni seperti penyusunan yang lempeng lurus kebelakang maka, kurang lebih mahasiswa yang ada di belakang akan sedikit di rugikan karena whiteboard atau layar LCD yang tidak terlihat karena tertutup oleh mahasiswa yang ada di depannya.

ruang kelas UNNES
Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang fokus dengan bahan ajaran karena tidak dapat melihat dengan jelas. Ini membuat mahasiswa berebut untuk duduk di depan dan betapa alangnya ahasiswa yang tidak endapatkan tepat duduk yang ada di belakang karena kemungkinan juga akan tertutup. Meskipun sedikit bodoh atau impossible tapi, jika tatanan meja kursi yang ada di UNNES di ubah layaknya universitas yang ada di luar negri dengan tatanan meja kursi yang seperti anak tangga yang memberikan luang untuk mahasiswa yang duduk di belakang. Penataan meja dengan semakin ke belakang tempat duduk itu maka akan semakin ke atas posisi kursi tersebut. Penataan meja kursi seperti ini akan mengurangi mahasiswa yang duduk di belakang yang tertutup oleh mahasiswa yang ada di depannya. Mahasiswa pun merasa lebih nyaman dan juga lebih fokus ke depan kepada dosen yang sedang memeberikan materi.

ruang kelas universitas di luar negri
Selain di buat naik ke atas tatanan meja dan kursi juga bisa di buat sedikit melingkar jadi whiteboard dan layar LCD serta dosen yang menyapaikan materi di fokuskan di tengah mahasiswa. ini mengurangi kuantitas mahasiswa yang berada di belakang dan full kan di depan dan di samping. ini salah satu alternatif rancangan ruang kelas yang sangat di rekomendasikan untuk di terapkan di UNNES

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar